How to Find Your Style
Fashion,  Lifestyle

How to Find Your Style

Ehm, judulnya pakai bahasa Inggris ya, soalnya agak aneh kalau diterjemahkan ke bahasa Indonesia. How to find your style. Intinya, aku akan kasih tips untuk mencari style berpakaian yang kalian banget.

Ini agak tricky nih karena semakin booming-nya sosial media, membuat semua yang ada di IG terlihat menarik. Nggak jarang, kita terpengaruh gaya berbusana para artis atau selebgram dan membeli barang-barang yang mereka pakai. Padahal, gaya tersebut nggak cocok di diri kita.

Nah, agar nggak mudah terpengaruh, ada baiknya kalian bertanya ke diri kalian, style berpakaian seperti apa sih yang kalian inginkan.

How to Find Your Style

Cari inspirasi via Instagram / Pinterest

Media sosial berbasis gambar atau foto ini begitu booming beberapa tahun terakhir. Itu menandakan bahwa manusia pada hakikatnya adalah makhluk sosial yang menyukai keindahan, termasuk dalam fashion.

Scroll feed IG artis atau selebgram favorit kalian. Tandai beberapa foto yang menarik. Bila perlu, ambil screenshoot.

Aku pribadi lebih menyukai Pinterest. Tinggal ketikkan kata kunci yang diinginkan, misal street style, dan foto-foto pun akan bermunculan. Bisa disimpan dalam koleksi board kalian atau dapat pula diunduh.

Kemudian, lihat kembali koleksi kalian. Nanti akan terlihat kecendurangan style fashion yang menarik bagi kalian.

How to Find Your Style

Bongkar isi lemari dan mix & match koleksi pakaian yang dimiliki

Setelah asyik scroll-scroll, jangan lupa take action. Dimulai dari isi lemari kalian dulu. Bongkar semuanya agar kalian bisa tahu apa saja pakaian yang sudah menjadi koleksi kalian.

Sambil bongkar-bongkar, ada baiknya mencoba mix & match dengan poin pertama di atas sebagai inspirasi. Dengan begini, kalian juga akan tahu bahwa satu pakaian bisa digunakan nggak hanya untuk satu look.

How to Find Your Style

Take a picture

Katanya, cermin akan memberikan ilusi dengan diri yang tampil lebih menarik. Karena itu, jangan lupa ambil foto setelah selesai mengenakan satu look. Foto tersebut bisa kalian gunakan sebagai referensi, apakah style tersebut akan cocok di tubuh kalian.

How to Find Your Style

Belanja barang yang sesuai style

Terkadang, isi lemari nggak sesuai dengan preferensi style yang kalian suka. Kalian pun berpikir untuk pergi ke mall dan membeli pakaian yang dibutuhkan. Atau mungkin belanja lewat online yang nggak perlu keluar rumah.

Hmm, boleh saja sih membeli barang-barang yang menunjang style berpakaian kalian. Tapi, jangan jadi impulsif ya. Jangan sampai kebablasan membeli banyak barang dan menguras isi dompet.

Tipsnya, kalian cek lagi foto-foto di poin pertama. Tandai item yang paling sering muncul di koleksi kalian. Beli item tersebut. Dengan begitu, keinginan untuk belanja banyak pun bisa direm.

—–

Dalam rangka menemukan your personal style memang membutuhkan trial dan error. Dan wajar jika kalian memiliki lebih dari satu preferensi style. Misal, aku suka tampilan kasual, terlebih memakai jeans. Namun, terkadang aku juga suka tampil feminin dengan mengenakan rok panjang dengan warna pastel.

Yang penting, pilih style paling nyaman yang bisa mem-boost rasa percaya diri kalian.

16 Komentar

  • Pamperstory.com

    Emang harus rajin-rajin mix n match ya. Kadang bawaannya beli-beli baju terus karena ngerasa kehabisan baju kece padahal kalo pinter padupadan sih bisa-bisa aja. Yang males itu lipetin satu per satu lagi bajunya xD

    Salam kenal ya!

  • Roem Widianto

    Zaman kuliah dulu suka banget sih aku padu padan baju. Supaya bisa kelihatan trendi gitu. Hehehe. Tapi setelah menikah keluar rumah cuman pakai gamis + kerudung panjang + kaos kaki, yang penting nyaman aja sih.

    • shimisunn

      Yang penting emang nyaman sih.
      Jaman kuliah dulu malah aku gak begitu ngikutin trend. Asal pakai aja. Hehe.
      Tapi kalau sekarang karena sudah menemukan style yang nyaman dan membuat pede, ya style itu yang jadi andalan kalau ke mana-mana. Kuncinya di outwear sih. Jadi dalaman pakaiannya mau pakai kaos butut juga nanti bakal kelihatan oke kalau udah pakai outwear.

  • Ulfah

    Harus rajin survei dan liat style style orang yaa kalau mau tetep bagus tampilannya. Say ajuga gitu, kalau udha mulai bosen sama gaya sendiri ya saya nyuri ilmu dari artis artis gitu, terus saya sesuaikan sama gaya saya sendiri

    • shimisunn

      Iya kak. Aku juga sering lihat-lihat style orang buat inspirasi. Tapi tetap sesuaikan dengan preferensi dan apa yang dimiliki.

  • CREAMENO

    Kalau saya ‘find style’-nya dengan mencari apa yang paling nyaman dulu saat digunakan, baru yang nyaman itu di mix and match hehehe. Dan biasanya, kalau untuk inspiration, saya carinya di fashion instagram influencer saja πŸ˜€

    Memang di era sosmed sekarang lebih mudah untuk cari inspirasi, jadi asik juga mempelajari, sambil cari-cari ada nggak orang yang sama tipe tubuhnya seperti saya. Hihihi~ tapi ujung-ujungnya sih akan balik lagi ke style diri sendiri πŸ˜€

      • Bee Balqis

        Aku style nya lebih ke kasual pakai rok. Aku berusaha banget nih ngerem buat gak kalap belanja. Soalnya gak bakal habis habis kalau ikutin trend. Setuju banget mix & match bisa jadi solusi biar gak bosen dengan gaya yang itu itu aja

        • shimisunn

          Iya. Lagipula trend itu kan muter-muter. Jadi item lama bisa nge=trend lagi asalkan sabar menanti. Wkwk.
          Aku juga gak mau banyak nyampah baju lagi di lemari. Udah gak muat. Gak janji bakal sering dipakai juga. Kalau mau beli baju, mending beli model yang timeless. Jadi, aman dipakai terus.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *