perpaduan warna
Fashion,  Lifestyle

Perpaduan Warna dalam Berbusana

Perpaduan warna dalam berbusana menjadi bagian dari personal style seseorang. Ada yang suka bereksperimen dengan warna dan memiliki beragam warna dalam lemarinya. Ada pula yang menjadikan satu warna sebagai ciri khasnya.

Kegiatan memilih warna memang gampang-gampang sulit untuk dilakukan, apalagi bila harus dipasangkan dengan warna lain. Aktivitas ini bisa menghabiskan banyak waktu. Belum lagi jika acara yang akan didatangi merupakan acara penting. Bisa-bisa sejam pun nggak cukup.

Aku sendiri cukup sering mengalami hal ini. Hampir seisi lemari pernah aku bongkar hanya untuk mencari pasangan warna yang pas. Setelahnya, ya capek harus beresin semua kekacauan yang kubuat. Hehe.

Nah, di artikel kali ini, aku ingin berbagi beberapa tips dalam memadukan warna.

perpaduan warna

Basic Color

Warna paling aman yang bisa digunakan adalah kombinasi warna-warna yang basic atau netral, seperti hitam, putih, dan cokelat. Aku paling sering mengenakan bawahan hitam yang kupasangkan dengan warna cokelat untuk atasan atau hijabnya.

Tenang saja. Warna-warna basic akan cocok untuk semua style. Mau bergaya simple, tomboy, atau feminin, semua bisa. Kenakan saja item yang sesuai dengan style kalian, and you’re done!

Basic color yang sering aku pakai adalah hitam. Kenapa? Karena warna hitam adalah warna gelap dan nggak gampang kotor. Hehe.

perpaduan warna

Monochrome Style

Salah satu style yang aku suka dan mudah untuk dipadupadankan adalah gaya monochrome. Warna yang dipilih pun nggak melulu hanya warna-warna basic. Kalian bisa menggunakan warna gelap, terang, atau colorful sesuai dengan selera kalian.

Aku bahkan pernah ber-monochrome dengan pink sebagai pilihan warnanya. Mulai dari rok berwarna pink muda, kaos panjang dengan warna pink tua, serta hijab yang pastinya juga pink. Pokoknya, serba pink. Hehe.

Kuncinya adalah cari item-item dengan warna senada, bisa lebih tua, lebih muda, atau yang berwarna sama. Tapi, aku nggak pernah sih memakai pakaian dengan warna serupa dari atas ke bawah. Paling nggak, ada satu item yang berbeda, entah lebih terang atau gelap.

perpaduan warna

Statement Color

Bagi yang mau enhace style monochrome-nya, kalian bisa ambil satu item dengan warna lain untuk dipasangkan dengan look tersebut. Pemilihan warnanya bebas, mau yang basic atau colorful.

Cara ini akan membuat penampilan terlihat lebih stunning karena ada satu warna yang hidup di antara pilihan warna outfit kalian. Jadi, nggak terkesan ‘itu-itu saja’ atau ‘cari aman’.

perpaduan warna

Mix and Match

Sudah bukan rahasia jika color wheel sangat membantu dalam urusan memadukan warna. Ada banyak teori tentang penggunaannya, baik berupa tulisan maupun video.

Tapi jujur, aku nggak pernah benar-benar menerapkan cara ini. Terlalu repot kalau setiap saat harus cek color wheel. Pengen yang praktis saja. Padahal alasan sebenarnya, ya karena memang malas mempelajarinya. Wkwk.

Aku lebih suka mencari inspirasi melalui Pinterest atau Instagram. Ada bermacam-macam gaya berpakaian dengan kombinasi warna beragam yang bisa dicontek secara gratis. Jadi, selain belajar padu-padan warna, kita bisa pula belajar memasangkan beberapa item fashion.

Tapi, ingat! Ini hanya sebagai inspirasi saja ya. Jangan tergoda untuk meniru 100% penampilan mereka dengan membeli barang-barang yang mereka pakai.

Be creative, guys! Bereksperimenlah dengan koleksi pakaian yang ada dalam lemari kalian!

—–

Memadukan warna dalam berbusana memang nggak bisa sembarangan bila ingin penampilan terlihat chic. Kalian bisa menerapkan tips-tips di atas agar memudahkan kalian dalam memilih warna dan, tentunya, lebih menghemat waktu.

Jangan lupa untuk menyesuaikan pemilihan warna dan item fashion berdasarkan preferensi style kalian. Kenyamanan juga penting. Dengan begitu, look kalian akan terlihat menarik dan tetap enak dilihat.

perpaduan warna

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *